Metode Kas Kecil dalam Akuntansi

Kas kecil merupakan sejumlah uang tunai (dana) yang ditetapkan oleh manajemen entitas untuk mendanai pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil. Ada dua metode kas kecil dalam akuntansi yaitu Imprest Fund System dan Fluctuation Fund System

 

Imprest Fund System, atau metode dana tetap kas kecil merupakan metode yang menetapkan bahwa pengisian kas kecil akan sesuai dengan nominal pengeluaran dana kas kecil. Dalam metode ini, pemegang kas kecil mengumpulkan bukti pengeluaran kas kecil dan merekapnya untuk dilakukan pengisian kembali dana kas kecil, pada metode ini pula pembukuan atas pengeluaran kas kecil dilakukan pada saat pengisian kas kecil dengan mendebit akun beban/biaya dan mengkredit akun kas besar.

 

BACA JUGA : Pembebanan Fiskal Piutang Yang Tidak Bisa Ditagih

 

Fluctuation Fund System, atau metode dana tidak tetap kas kecil merupakan metode yang menetapkan dana kas kecil berubah-ubah sesuai dengan kebutuhannya, dalam metode ini setiap pengeluaran kas kecil dibukukan dengan mendebit akun beban/biaya dan mengkredit akun kas kecil kemudian dalam hal pengisian kas kecil maka dibukukan dengan mendebit akun kas kecil dan mengkredit akun kas besar.

 

 


 

 

Ditulis oleh :

Wahyu Budi Argo
Praktisi Akuntansi Bersertifikat BNSP

 

Pages